Zaman Besi (1200-0 SM) - Zaman Logam | Praaksara-Arkeologi

1. Pengertian
Zaman Besi adalah periode utama terakhir dalam sistem tiga zaman untuk mengklasifikasi masyarakat prasejarah, yang didahului oleh Zaman Perunggu. 
Waktu berlangsung dan konteks zaman ini berbeda, tergantung pada negara atau wilayah geografis. Secara klasik, Zaman Besi dianggap dimulai pada Zaman Kegelapan Yunani pada abad ke-12 SM dan Timur Tengah Kuno, abad ke-11 SM di India, dan antara abad ke-8 SM (Eropa Tengah) dan abad ke-6 SM (Eropa Utara) di Eropa. Zaman Besi dianggap berakhir dengan kebangkitan kebudayaan Hellenisme dan Kekaisaran Romawi, atau Zaman Pertengahan Awal untuk kasus Eropa Utara.
Zaman Besi berhubungan dengan suatu tahap di mana produksi besi adalah salah satu bentuk paling rumit dari kerajinan logam. Kekerasan besi, titik lebur yang tinggi, dan sumber bijih besi yang melimpah, membuat besi lebih dipilih dan murah daripada perunggu, yang memengaruhi dipilihnya besi sebagai logam yang paling umum digunakan. Karena kerajinan besi diperkenalkan secara langsung ke Benua Amerika dan Australasia oleh kolonisasi Eropa, daerah-daerah tersebut tidak pernah mengalami Zaman Besi.
2. Ciri-ciri
Ciri-ciri Zaman Besi adalah: 
- Perkembangan pertanian dan produktivitas manusia 
- Munculnya kelompok perajin yang mampu mengolah, melelehkan, dan mencetak besi menjadi berbagai peralatan 
- Peralatan berbahan dasar batu mulai ditinggalkan 
- Penggunaan besi untuk membuat alat dan senjata sangat dominan
3. Peninggalan
Peninggalan zaman besi di antaranya:
- Mata kapak, Mata sabit, Mata pisau, Mata pedang, Cangkul, Perhiasan, Pedang baja, Vered Jericho. 
- Zaman besi adalah periode dalam sejarah manusia yang berlangsung antara 1200 SM dan 600 SM. Pada zaman ini, masyarakat di sebagian besar Eropa, Asia, dan sebagian Afrika mulai membuat perkakas dan senjata dari besi dan baja. 
- Inovasi utama senjata zaman besi adalah penggunaan baja yang dihasilkan dari teknik metalurgi baru. Pedang besi awal tidak selalu lebih baik atau lebih keras daripada pedang perunggu. 
- Selain itu, masyarakat zaman besi juga terus membuat senjata dan peralatan perunggu. 

Komentar